Mqam Baqi


MAQAM BAQI YANG SELALU RAMAI DIKUNJUNGI

Maqam Baqi tidak pernah sepi dikunjungi para jamaah Haji atau Umroh, di tanah lapang itu terdapat jutaan orang meninggal yang hanya ditandai sepasang batu tanpa adanya nama yang telah dikubir ditampat itu. Baqi yang berati tanah lapang, banyak umat muslim berdoa dapat meninggal di tanah suci dan dimakamkan di tanah suci. Maqam Baqi inilah tempat pemakaman para peziarah kaum muslimin yang wafat di tanah suci.

Pemakaman ini berada di sebelah tenggara Masjid Nabawi. Tanah lapang pekuburan dipagari dengan marmer yang tinggi. Luasnya mencapai 180.000 m2. Pemerintah Arab Saudi menaruh perhatian besar terhadap pemakaman ini. Karena kedudukannya bagi umat Islam dan nilai historis yang berkaitan dengan Nabi Muhammad saw.

Menurut sejumlah litelatur, dahulu Baqi berada di luar Madinah Al Munawwarah, di sebelah timur Masjid Nabawi, yang dikelilingi sejumlah rumah dan kebuh. Tapi pada perkembangan selanjutnya setelah beberapa kali alami pembangunan, makam Baqi saat ini sudah menempel dengan pagar tembok Masjid Nabawi sehingga umat muslim yang akan ziarah tidak terlalu jauh dan sulit. Akses menuju Baqi dari Masjid Nabawi pun tidak sulit. Sudah ada jalan lebar terbuat dari marmer putih kekuning-kuningan yang menghubungkan keduanya dengan jalan sedikit menanjak menjelang makam.

Inilah yang menjadi alasan banyaknya jamaah menziarahi makam Baqi saat mereka berada di Kota Madinah. Mereka datang dan berdoa untuk ahli kuburnya. Di antara para sahabat yang dimakamkan di tempat ini adalah: istri-istri Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, putri-putri dan ahli baitnya, dan para sahabat yang lain.

Bagi peziarah yang melakukan kunjungan ke Baqi diharuskan menghiasi etika, diantaranya mengucapkan salam kepada para penghuninya dengan doa yang telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Selain itu juga menjauhi ratapan atas mereka yang sudah meninggal, tidak menjadikan ziarah sekedar untuk wisata atau jalan-jalan, serta menjalankan adab yang diajarkan syariat Islam dan tidak melakukan tindakan bertentangan dengan sunnah, seperti mengusap kuburan, mengambil tanah, apalagi meminta berkah kepada yang sudh wafat.
© 2016 Travel Resmi Supported by: Blogger